Monday, June 14, 2010

BENUA AFRIKA

1. Letak dan Luas Wilayah
Secara Astronomis Benua Afrika terletak pada 38°LU-35°LS dan 17°BB-51°BT. Secara Geografis Benua Afrika diapit oleh Samudera Hindia dan Samudera Atlantik. Luas Benua Afrika ± 30,3 juta km².

Wilayah Benua Afrika

2. Batas Wilayah
Batas wilayah Benua Afrika adalah sbb.
a. Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Tengah
b. Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan Samudera Atlantik
c. Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Merah dan Samudera Hindia
d. Sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Atlantik

3. Bentang Alam
Daratan Afrika terdiri atas pegunungan tinggi, daerah gurun, lembah, dan daerah depresi. Pegunungan yang terdapat di bagian selatan dan bagian timur lebih tinggi daripada pegunungan di bagian Utara dan di bagian Barat. Gunung tertinggi adalah Gunung Kilimanjaro (6.010 m) yang terletak di Tanzania dan Gunung Kenya (5.117 m) di Kenya. Kedua gunung tersebut terletak di Afrika Timur.

Di Afrika bagian utara terdapat Gurun yang terluas di dunia, yaitu Gurun Sahara. Gurun yang lain adalah Gurun Kalahari di bagian selatan, Gurun Arab, Gurun Nubia, dan Gurun Libya. Sungai-Sungai yang terdapat di Benua Afrika antara lain Sungai Nil yang merupakan Sungai terpanjang di Afrika (6.690 km) dan juga terpanjang di dunia. Sungai lainnya adalah Sungai Niger (4.180) km, Sungai Zambesi (2.575 km), dan Sungai Kongo (4.700 km).

Di Afrika juga banyak terdapat danau-danau besar antara lain Danau Victoria (69.753 km²), Danau Tanganyika (32.000 km²), Danau Malawi (23.500 km²), dan Danau Chad (16.380 km²).

Gurun Sahara pada waktu siang

4. Iklim
Afrika memiliki beberapa macam iklim. Secara umum iklim di Afrika dapat dibedakan menjadi beberapa daerah
a. Daerah beriklim tropis meliputi Afrika Tengah sekitar khatulistiwa.
b. Daerah beriklim Subtropis terdapat di ujung selatan benua dan bagian utara benua (sekitar pantai Laut Tengah).
c. Daerah beriklim darat atau iklim gurun terdapat di Afrika Utara bagian tengah yang merupakan daerah bayangan hujan.

Angin muson barat daya yang bertiup pada bulan Mei-Oktober banyak menurunkan hujan di daerah sepanjang Teluk Guinea. Curah hujannya mencapai 4.000 mm/tahun. Angin Pasat tenggara yang membawa uap air dari Samudera Hindia hanya menurunkan hujan di daerah pantai tenggara Afrika sehingga daerah ini beriklim tropis basah dan hujan terjadi sepanjang tahun. Daerah sekitar khatulistiwa pada umumnya beriklim tropis dengan hujan turun sepanjang tahun.

5. Flora dan Fauna
Tumbuhhan-tumbuhan di Afrika dapat dikelompokkan menjadi tumbuhan daratan tinggi, hutan hujan tropis, dan padang rumput (berupa stepa dan sabana). Beberapa jenis tumbuhan khhas Afrika antara lain papirus, akasia, kurma, keluarga uphorbiaceae, sidar hutan, dsb.

Jenis binatang yang terdapat di Afrika antara lain gajah, kera ekor panjang, zebra, badak bercula, hiene bergaris, jerapah addox, okapi, trenggiling, binatang bersisik, burung kasuari, dsb. Jenis binatang air adalah longvis (ikan bersirip serabut) kulakan, ikan gabus, kura-kura, dsb.

6. Keadaan Penduduk
Penduduk Benua Afrika tahun 2001 berjumlah ± 818.000.000 jiwa dengan angka pertumbuhan 2,4% dan sebagian besar merupakan bangsa Negro. Bangsa Negro di Afrika dapat dikelompokkan menjadi 2 golongan, yaitu Negro Sudan dengan kulit lebih hitam dan bibir tebal serta Negro Bantu yamg kulitnya lebih terang dari Negro Sudan.

Bahasa pemersatu Benua Afrika adalah bahasa Swahili, sedangkan bahasa lain yang persebarannya lebih luas adalah bahasa Arab.

7. Kegiatan Ekonomi Penduduk
a. Pertanian
Sebagian besar negara-negara di Afrika merupakan negara Agraris. Hasil dari sektor pertaniannya adalah karet, kapas, kopi, cokelat, tebu, kelapa sawit, tembakau, gandum, dan kurma.

b. Pertambangan dan Perindustrian
Afrika memiliki barang tambang yang melimpah dengan hasil tambang utama antara lain intan (98%), emas (60%), krom (35%), mangan (25%), dan tembaga (20%).

Sektor industri berkembang pesat dengan adanya kekayaan minyak dan gas bumi yang dimiliki oleh beberapa negara. Negara di Afrika yang industrinya telah berkembang adalah Republik Afrika Selatan dan Mesir.

Ditulis oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Anas InsideSobat sedang membaca artikel tentang BENUA AFRIKA. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

0 comments:

Leave a Reply