Monday, June 21, 2010

Pasar

A. PENGERTIAN
Pasar mulanya diartikan sebagai tempat bertemunya penjual dengan pembeli. Dengan demikian, pasar identik dengan sebuah tempat tertentu yang disesaki oleh penjual dan pembeli. Dalam pengertian ini, dikenal Pasar Tanah Abang, Pasar Senen, Pasar Baru, dan sejenisnya.

Dewasa ini yang dimaksud dengan pasar adalah pertemuan penjual dengan pembeli sehingga dapat berhubungan satu sama lain untuk mengadakan jual-beli. Dalam pengertian ini pasar bisa terdapat di mana-mana. Pasar bisa terjadi di depan rumah antara pedagang sayur keliling dengan seorang ibu, bahkan bisa terjadi di depan pesawat komputer. Misalnya karena pembeli dan penjual mengadakan transaksi melalui internet. Jadi, pertemuan antara penjual dan pembeli pun tidak mesti bertemu secara langsung. Di samping itu, barang yang diperjualbelikan pun tidak mesti selalu hadir pada saat transaksi itu berlangsung.

Pengertian pasar telah mengalami perkembangan yang jauh. Hal ini sejalan dengan kemajuan ekonomi dan IPTEK. Hanya saja pengertian pasar yang terakhir ini belum begitu lazim di kalangan masyarakat kita, maka pengertian klasik itu pun masih dapat digunakan.

B. PERANAN PASAR
Peranan pasar bagi konsumen adalah memberikan kemudahan untuk memperoleh barang-barang atau jasa yang dibutuhkannya. Bagi produsen, pasar berperan sebagai tempat memasarkan (menjual) dan memperkenalkan barang-barang hasil produksinya. Bagi pemerintah, pasar berperan sebagai penunjang kelancaran pembangunan.

Berdasarkan hal itu, maka jelajah bahwa pasar merupakan salah satu sarana pendistribusian barang. Pasar dalam hal ini berfungsi sebagai:
a. tempat penyaluran barang dan jasa,
b. tempat penghimpunan barang dan jasa,
c. tempat berpindahnya komoditi dari satu orang ke orang lain, dari satu tempat ke tempat lain.
d. tempat mempromosikan barang dan jasa.

C. MACAM-MACAM PASAR
Kita dapat menggolongkan pasar ke dalam beberapa macam yakni sebagai berikut.
1. Menurut Jenisnya
Dilihat menurut jenisnya, dikenal adanya pasar barang konsumsi dan pasar barang produksi.
a. Pasar barang konsumsi, menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga konsumen
b. Pasar barang produksi, menjual faktor-faktor produksi yang biasa digunakan produsen, seperti tanah, tenaga kerja, mesin-mesin produksi, alat produksi, alat transportasi, dan tenaga ahli.

Gbr. Supermarket

2. Menurut barang yang diperjualbelikan
Dilihat menurut barang yang diperjualbelikan, dikenal adanya pasar barang, pasar tenaga kerja, dan pasar modal.
a. Pasar barang, yang diperjualbelikan adalah barang-barang keperluan hidup. Misalnya sayur-mayur, buah- buahan, peralatan kantor, dsb.
b. Pasar tenaga kerja, dalam pasar ini sejumlah buruh dengan aneka keterampilan yang dimilikinya berhubungan dengan oraang atau pengusaha yang membutuhkan. Buruh atau agen yang menanganinya melakukan tawar-menawar dengan pihak yang membutuhkan, terutama berhubungan dengan soal gaji dan jenis pekerjaan yang harus mereka lakukan.
c. Pasar modal, adalah tempat diperjualbelikannya surat-surat berharga., misalnya. Pasar modal sering pula disebut bursa efek. Pasar modal sangant diperlukan oleh para pengusaha untuk menunjang dan meningkatkan produksi atau kegiatan usahanya.

3. Menurut Strukturnya
Menurut strukturnya, pasar dibedakan menjadi 2 macam, yaitu pasar yang sempurna (perfect market) dan pasar tidak sempurna (inperfect market).
a. Pasar yang sempurna, adalah pasar yang memenuhi syarat-syarat berikut.
1) Penjual dan pembeli mengetahui keadaan pasar. Mereka mengetahui harga permintaan, harga penawaran, dan kualitas barangyang akan diperjualbelikan.
2) Penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi secara bebas dengan tanpa adanya paksaan.
3) Barang-barang yang diperdagangkan bersifat homogen. Barang-barang tersebut dapat saling menggantikan.
b. Pasar yang tidak sempurna, terjadi bila ada salah satu dari ketiga syarat di atas tidak terpenuhi.

4. Menurut waktu penyelenggaraannya
Menurut waktu penyelenggaraannya, dikenal pasar harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.
a. Pasar harian, pasar yang diselenggarakan seriap hari. Contohnya Pasar Caringin, Pasar Baru, dan Pasar Gedebage.
b. Pasar mingguan, adalah pasar yang diadakan satu minggu satu kali atau hari-hari tertentu dalam satu minggu. Misalnya setiap hari Minggu atau Rabu.
c. Pasar bulanan, adalah pasar yang diadakan satu kali dalam satu bukan. Biasanya di pasar ini dijual barang-barang kerajinanatau hasil-hasil budidaya rakyat lainnya.
d. Pasar tahunan, adalah pasar yang diselenggarakan satu kali dalam setahun, biasanya sambil memperkenalkan produk baru atau pameran-pameran atau pasar-pasar yang diadakan dalam rangka menyambut HUT RI atau hari jadi suatu kabupaten atau kota.

5. Menurut luas jangkauan distribusi
Dalam pembagian pasar menurut luas jangkauan distribusinya, dikenal adanya pasar lokal, pasar daerah, pasar nasional, dan pasar internasional
a. Pasar lokal, transaksi jual beli terjadi di lokasi tempat barang tersebut dihasilkan. Pasar lokal umumnya menyediakan kebutuhan sehari-hari masyarakat setempat.
b. Pasar daerah, transaksi terjadi di daerah sekitar barang tersebut dihasilkan.
c. Pasar nasional, adalah pasar yang penjual dan pembelinya berdatangan dari berbagai daerah yang dalam lingkungan suatu pemerintahan atau negara. Paar nasional sering pula disebut dengan pasar domestik.
d. Pasar internasional, adalah pasar yang penjual dan pembelinya berdatangan dari berbagai negara. Di pasar internasional, alat pembayaran yang digunakan adalah valuta asing, misalnya dolar AS.

6. Menurut Wujudnya
Menurut wujud, dikenal adanya pasar konkret dan pasar abstrak.
a. Pasar konkret, adalah pasar yang penjual dan pembelinya bertemu secara langsung dan barang yang dijualnya pun ada di tempat tersebut. Karena itu, apabila terjadi perdetujuan, penjual dan pembeli akan memperoleh hasil persetujuannya secara langsung di tempat itu juga. Contohnya Pasar Tanah Abang di Jakarta, Pasar Gede di Solo, Pasar Ciroyom di Bandung.

Gbr. Pasar tradisional

b. Pasar Abstrak, adalah pasar yang penjual dan pembelinya tidak perlu bertemu secara langsung. Barang yang akan diperjualbelikannya pun biasanya tidak ada di tempat penawaran. Penjual menawarkan barang dagangannya itu hanya dengan contoh (moster).

Ditulis oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Anas InsideSobat sedang membaca artikel tentang Pasar. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

0 comments:

Leave a Reply