Friday, June 18, 2010

PIDATO MENYAMBUT HARI KESAKTIAN PANCASILA

Saudara-Saudara yang kami hormati!
Assalammu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh!

Pada hari ini, tepatnya tanggal 1 Oktober 20..., kita di seluruh Tanah Air memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Sebagaimana kita ketahui, pada tanggal 1 Oktober 1965, Komando Operasi Pemulihan Keamanan yang pada waktu itu dipimpin oleh Bapak Letnan Jenderal Soeharto, dengan bantuan segenap potensi masyarakat yang mencintai negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD '45, telah melakukan gerakan operasi dalam rangka menghancurkan G-30-S/PKI yang berkuasa, merongrong, dan mengkhianati Pancasila.

Dengan gerakan operasi tersebut negara kita yang berdasarkan Pancasila atas pertolongan Tuhan Yang Mahaesa tetap berdiri tegak.

Di sini jelas bahwa Pancasila sebagai dasar negara menunjukkan kesaktiannya, sekalipun dirongrong oleh pihak mana pun. Berdasar kepada kejadian tersebut, maka oleh pemerintah tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Saudara-Saudara yang kami hormati!

Perlu dijelaskan sekali lagi bahwa Pancasila, selain sebagai dasar negara, juga sebagai falsafah dan pandangan/pedoman hidup bangsa Indonesia. Maka dari itu kami ingatkan sekali lagi akan perlunya kita sebagai bangsa Indonesia, untuk menghayati dan mengamalkan Pancasila sesuai dengan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P-4), yang telah ditetapkan oleh MPR melalui Tap No. II/MPR/1978 yang lebih dikenal dengan Eka Prasetia Panca-Karsa.

Sebagai akhir kata, semoga negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD '45 tetap jaya.

Sekian dan terima kasih
Wassalamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh!

Ditulis oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Anas InsideSobat sedang membaca artikel tentang PIDATO MENYAMBUT HARI KESAKTIAN PANCASILA. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

0 comments:

Leave a Reply