Friday, June 18, 2010

PIDATO MENYAMBUT HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

Saudara-Saudara sebangsa dan setanah air!

Dengan rahmat Tuhan Yang Mahaesa, pada hari ini tanggal 10 November 1986 kita bangsa Indonesia memperingati hari bersejarah, yakni Hari Pahlawan.

Sebagaimana kita ketahui, pada tanggal 10 November 1945, tepatnya 41 tahun yang lalu, di kota Surabaya telah terjadi pertempuran yang hebat sekali, yang pada waktu itu dilakukan oleh pemuda kita arek-arek Surabaya, yang dipimpin oleh Bung Tomo melawan tentara penjajah. Semangat kepahlawanan arek-arek Surabaya itulah yang kemudian menjalar ke kota-kota lainnya dalam rangka mengusir penjajah Belanda, yang dalam pertempuran itu banyak pahlawan kita yang gugur di medan bakti.

Dari peristiwa itulah akhirnya kita kenang Hari Pahlawan.

Saudara-Saudara yang kami hormati!

Dalam kesempatan ini kami tidak akan mengupas kembali secara terinci mengenai soal historisnya. Tetapi, yang penting bagi kita adalah mengambil hikmah dari peristiwa itu sendiri, dan dengan semangat dan jiwa perjuangan kita isi pembangunan sekarang ini. Dengan demikian, jiwa patriotisme kita alihkan ke arah pembangunan, dan jadilah pahlawan pembangunan.

Maka dengan uraian tadi jelas betapa besar pengorbanan para pahlawan kita yang telah gugur di medan bakti.

Dan dalam kesempatan ini marilah kita bersama sejenak menundukkan kepala, memohon kepada Tuhan Yang Mahaesa, semoga arwah para pahlawan kita diterima di sisi Tuhan dan diampuni segala dosanya.

Sebagai akhir kata, semoga generasi muda sekarang menjadi generasi penerus bangsa yang mewarisi jiwa dan semangat '45.

Sekian dan Terima kasih.

Ditulis oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Anas InsideSobat sedang membaca artikel tentang PIDATO MENYAMBUT HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

0 comments:

Leave a Reply