Selasa, 05 April 2011

Penggolongan materi

Materi didefinisikan sebagai segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Materi tersebut amat banyak ragamnya. Setiap materu mempunyai sifat khas yang membedakanya dari materi lainnya. Namun demikian, antara berbagai macam materi terdapat juga berbagai kesamaanya.
1. Zat tunggal dan campuran
Materi dapat digolongkan ke dalam zat tunggal (zat murni) atau campuran. Zat tunggal terdiri dari sejenis materi, sedangkan campurannya terdiri dari dua atau lebih jenis materi. Sebagai contoh bandingkanlah ari dengan air laut. Air laut terdiri dari air dan berbagai zat yang tercampur di dalamnya, misalnya garam.
2. Zat tunggal: unsur dan senyawa
Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa. Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan secara kimua, dedangkan senyawa dapat diuraikan menjadi dua macam atau lebih zat yang lebih sederhana.
a. Unsur
Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana. Contohnya, yaitu besi, emas, aluminium, karbon.
b. Senyawa
Senyawa terbentuk oleh perikatan kimia dari dua atau lebih jenis unsur. Air, sebagai contoh, terbentuk dari hidrogen dan oksigen.
3. Campuran
Berbeda dengan senyawa, sifat-sifat komponen dalam campuran tidak hilang
a. Larutan
Larutan adalah campuran homogen. Suatu campuran dikatakan homogin jika antarkomponennya tidak terdapat bidang batas sehingga tidak terbedakan lagi walaupun menggunakan mikroskop ultra. Larutan terdiri atas pelarut dan zat terlarut.
b. Suspensi
Suspensi adalah campuran kasar dan bersifat heterogen. Antarkomponennya masih terdapat bidang batas dan seringkali dapat dibedakan tanpa menggunakan mikroskop, contoh ialah campuran terigu atau kapur dengan air.
c. Koloid adalah suatu bentuk campuran yang keadaanya terletak antara larutan dan suspensu. Contonya yaitu santan , airs susu, air sabun, dan cat. Secara makroskopil koloid terlihat homogen, tetapi jika diamati dengan mikroskop ultra akan tampak heterogen, masuh dapat dibedakan atas komponennya.

Sumber:

Ditulis Oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Arak GoendoelSobat sedang membaca artikel tentang Penggolongan materi. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

0 comments:

Leave a Reply