Senin, 19 Desember 2011

Sistem Organisasi Kehidupan

Sel merupakan bagian terkecil dari suatu kehidupan artinya bahwa setiap tubuh makhluk hidup disusun oleh sel. Menurut Mathias Schleiden (1838) dan Teodor Schwann (1839), sel merupakan satuan fungsional terkecil yang berarti bahwa fungsi- fungsi dari organisme dilakukan oleh sel.

A. Sel

Komponen sel terdiri atas:

1. Membran plasma merupakan bagian terluar yang memisahkan antara isi sel dengan luar sel dan berperan dalam mengatur keluar masuknya zat.

2. Sitoplasma, yang berisi organel -organel sel, yaitu

a. Retikulum endoplasma, bertindak sebagai penghubung antara inti sel dengan sitoplasma dan berperan dalam pembentukan protein (pada retikulum endoplasma yang ditempeli ribosom).

b. Ribosom, berperan dalam pembentukan protein.

c. Badan golgi, berperan dalam membungkus, mengepak, dan menggetahkan zat yang keluar dari sel.

d. Lisosom, berperan dalam membentuk enzim pencernaan inta sel.

e. Sentrosom, berperan dalam proses pembelahan sel.

f. Vakuola, berperan dalam penyimpanan bahan makanan (gula, protein, mineral) serta tempat penimbunan sisa metabolisme.

g. Plastida, hanya dimiliki oleh tumbuhan.

3. Inti (nucleus), berperan dalam mengatur segala aktivitas sel. Pada nucleus terdapat kromosom dan di dalam kromosom terdapat gen sebagai faktor pembawa sifat menurun.


sel hewan dan sel tumbuhan

B. Jaringan

Beberapa sel yang memiliki bentuk, susunan, dan fungsi yang sama akan membentuk jaringan. Berikut jaringan penyusun tubuh hewan dan tumbuhan :

a. Pada hewan: jaringan saraf, jaringan otot, jaringan ikat

b. Pada tumbuhan: jaringan meristem, jaringan epidermis, jaringan pengangkut, jaringan penunjang.

C. Organ

Organ adalah kumpulan beberapa jaringan yang mampu melakukan fungsi hidup tertentu. Beberapa organ pada hewan, antara lain: jantung, mata, ginjal, paru- paru, telinga, dan lain sebagainya. Organ pada tumbuhan meliputi akar, batang, daun, bunga, dan sebagainya.

D. Sistem Organ

Sistem organ merupakan kerja sama beberapa organ untuk melakukan suatu fungsi hidup tertentu dalam tubuh. Kelengkapan sistem organ tergantung dari tingkat atau derajat suatu makhluk hidup. Makhluk hidup tingkat tinggi mempunyai sistem organ yang lebih lengkap daripada makhluk hidup bersel satu.

Ditulis Oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Arak GoendoelSobat sedang membaca artikel tentang Sistem Organisasi Kehidupan. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

0 comments:

Leave a Reply