Kami Mohon Brotha n Sista bersedia untuk mengklik iklan di bawah ini demi kelangsungan blog ini ...

Sabtu, 31 Maret 2012

Faktor yang Membatasi Pertumbuhan Terumbu Karang


Ekosistem terumbu karang dibatasi oleh beberapa faktor, yaitu (Nybakken 1988):


1. Suhu
Hampir semua terumbu karang hanya ditemukan pada perairan yang dibatasi oleh permukaan yang isoterm 20oC. Perkembangan terumbu karang yang paling optimal terjadi di perairan yang rata-rata suhu tahunannya 23-25oC. Terumbu karang dapat bertoleransi sampai suhu kira-kira 36-40oC.

2. Cahaya
Cahaya yang cukup harus tersedia agar fotosisntesis oleh zooxanthellae dapat berlangsung. Titik kompensasi untuk karang dimana intensitas cahaya lebih rendah 15-20% dari intensitas di permukaan.

3. Salinitas
Karang hermatipik adalah organisme lautan sejati dan tidak dapat bertahan pada salinitas yang menyimpang dari salinitas air laut yang normal (32-35‰).

4. Sedimentasi
Kebanyakan karang hermatipik tidak dapat bertahan dengan adanya endapan yang berat, yang menutupinya dan menyumbat struktur pemberian makanannya, dan mengurangi cahaya yang dibutuhkan untuk fotosintesis oleh zooxanthellae untuk berfotontesis


sumber:
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/09/faktor-yang-membatasi-pertumbuhan.html
Judul: Faktor yang Membatasi Pertumbuhan Terumbu Karang; Ditulis oleh khairul anas; Rating Blog: 5 dari 5

Ditulis oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Arak GoendoelSobat sedang membaca artikel tentang Faktor yang Membatasi Pertumbuhan Terumbu Karang. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya


0 comments:

Leave a Reply