Minggu, 18 Maret 2012

Macam- Macam Frase (Frasa) dalam Bahasa Indonesia


Frase adalah satuan sintaktik yang terdapat sebuah gatra kalimat. menurut struktur fungsionalnya dapat digolongkan atas frase endosentrik dan fase eksosentrik.
Fase Endosentrik adalah frase yang mempunyai distribusi dan fungsi yang sama dengan salah satu atau semua unsur langsungnya. frase yang mempunyai distibusi dan fungsi yang sama dengan salah satu unsurnya termasuk fase bertingkat.

Salah satu unsur frase bertingkat berfungsi sebagai unsur yang diterangkan (D) dan unsur lainnya berfungsi sebagai unsur yang menerangkan. Berdasarkan urutannya, struktur frase bertingkat ada yang berpola DM dan ada pula yang berpola MD.
Frase yang mempunyai distribusi dan fungsi yang sama dengan semua unsur langsungnua termasuk frase endosentrik yang setara. dalam hal ini unsur-unsur langsungnya frase tersebut mempunyai tugas yang sama.

sumber:
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/10/tentang-macam-macam-frase-dalam-bahasa.html

Ditulis Oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Arak GoendoelSobat sedang membaca artikel tentang Macam- Macam Frase (Frasa) dalam Bahasa Indonesia. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

0 comments:

Leave a Reply