Kami Mohon Brotha n Sista bersedia untuk mengklik iklan di bawah ini demi kelangsungan blog ini ...

Sabtu, 24 Maret 2012

Trik Cara Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Motor

Kenaikan harga BBM tentunya tidak bisa kita hindari, tetapi tentu ada kiat-kita tersendiri bagi kita agar bisa menghemat pemakain BBM. Seetelah sebelumnya saya memberitahukan tentang Penyebab Kendaraan Bermotor Jadi Boros BBM, berikut beberapa tips dalam kiat-kiat menghemat konsumsi BBM seperti di lansir dari kcdj.org.


1. BUKA-TUTUP GAS SEIRAMA 
Jangan bergaya stop and go. Tutup dan buka gas full. Tapi, mainkan irama sesuai putaran mesin. Secara teknis antara rpm dan torsi senada. Di sini dibutuhkan feeling kuat. Apalagi pas pindah gigi, jangan sampai telat. Rpm jangan dibiarkan tinggi baru pindah gas. “Buka gasnya pun mesti sesuai putaran mesin. Jangan buka gas, tapi tenaga motor masih rendah,” jelas Freddy.
"Paling gampang dicoba pas turunan dan tanjakan. Di turunan nggak usah open throttle. Cara seperti itu ngasih beban berlebihan. Bahan bakar deras, tapi tidak sesuai kebutuhan ruang bakar"


2. KURANGI PENGGUNAAN ENGINE BRAKE (BUKAN GAK PAKE, TAPI KURANGI) 
Pemakaian harian jangan disamakan dengan pembalap. Hapus teknik engine brake. Teknik seperti memaksa mesin berputar, tapi tidak sesuai dengan daya yang dihasilkan. Berarti bahan bakar ngocor, sementara tidak terbakar sempurna. Paling bagus pakai rem, mesin tidak dipaksa berputar. 

3. HINDARI NGEREM SAMBIL NGEGAS 
Tidak sadar rem diinjak, tapi gas tetap di buka. Sekali lagi, rpm dan torsi tidak keluar maksimal. Mirip sama orang mau buang air besar, tapi ditahan. Proses pembakaran yang semestinya menghasilkan daya, tapi tertahan. Pembakaran pun jadi sia-sia.

4. HARAM GEBER DI LAMPU MERAH 
Kebiasan bergaya. Kondisi mesin idle atau posisi gigi lagi netral, tapi gas digeber-geber. Campuran bahan bakar dan udara dari karburator masuk ke ruang bakar. Wah, di sini nih bensin akan ngocor deras, tapi terbuang percuma. Mubazir, kan. “Posisi mesin langsam bisa dianggap saat bahan bakar banyak terbakar. Ditambah lagi main geber. Pasti jadi makin boros,” 

5. JANGAN TERLALU LAMA MEMANASKAN MESIN 
Sebelum berangkat ke kantor, sekolah, atau kuliah motor dinyalakan. Dibiarkan berlama-lama. Katanya sih supaya oli naik dan membasahi semua komponen mesin sebelum motor dijalankan. Padahal posisi mesin langsam bikin bahan bakar terbuang percuma. Lama waktu buat memanaskan mesin paling pas 1 sampai 2 menit saja .

6. UNTUK MATIC GAS SANTAI SAJA
Motor matic memang terkenal boros, nah kalau mau hemat ya kita harus sabar dalam memainkan gas motor matic itu biasanya kalau di gas pasti kita langsung naik kecepatannya, supaya tidak boros membuka gasnya pelan-pelan saja, santai jangan langsung buka full.



sumber:
http://rizkaprilio.blogspot.com/2012/03/trik-cara-menghemat-konsumsi-bahan.html
Judul: Trik Cara Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Motor; Ditulis oleh khairul anas; Rating Blog: 5 dari 5

Ditulis oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Arak GoendoelSobat sedang membaca artikel tentang Trik Cara Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Motor. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya


0 comments:

Leave a Reply