Kami Mohon Brotha n Sista bersedia untuk mengklik iklan di bawah ini demi kelangsungan blog ini ...

Sabtu, 12 Mei 2012

Khasiat Bawang Merah dan Bawang Putih

Jenis sayuran sudah tidak perlu lagi diragukan manfaatnya bagi tubuh. Berbagai kandungan nutrisi dimiliki oleh jenis sayuran memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Gaya hidup sehat yang disarankan oleh banyak ahli gizi juga mengharuskan kita untuk lebih banyak mengonsumsi jenis sayuran dan buah-buahan.

Pernahkah Anda berpikir untuk apa Tuhan menciptakan semua jenis sayuran dan hewan? Itu semua diciptakan untuk manusia. Agar manusia bisa memenuhi segala hasrat dan kebutuhan makanannya, dan agar manusia mengabdi pada-Nya.


Tuhan menciptakan aneka jenis sayuran dengan kandungan gizi yang bisa dimanfaatkan untuk tubuh manusia. Tidak ada yang meragukan kandungan gizi dari aneka jenis sayuran. Penelitian tentang itu semua sudah diamini oleh para ahli gizi.

Semua yang ada dan terkandung dalam jenis sayuran tersebut memiliki kemampuan untuk meregenerasi sel-sel tubuh manusia yang sudah mulai tua. Tambahan energi untuk beribadah kepada-Nya pun bisa diperoleh dari kandungan sayuran tersebut.

Jenis sayuran sangat banyak. Kesemuanya itu dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan manusia. Mendapatkan aneka jenis sayuran pun tidak sulit. Jenis sayuran banyak tersedia dari warung-warung sederhana hingga supermarket. Dari sekian banyaknya jenis sayuran, ada dua jenis sayuran yang paling sering hadir dalam berbagai masakan. Jenis sayuran tersebut bisa juga dikategorikan sebagai umbi-umbian sekaligus bumbu dapur. Apalagi jika bukan bawang merah dan bawang putih.

Cerita tentang bawang merah-putih identik dengan karakter tokoh dua saudara tiri yang antagonis dan protagonis. Namun pada kenyataannya lain cerita, ternyata bawang merah dan putih banyak manfaatnya. Selain mengandung sejuta manfaat, jenis sayuran ini juga mudah didapat.

Jenis Sayuran – Bawang Merah

Bawang merah merupakan salah satu jenis sayuran yang mempunyai efek antiseptik. Pada zaman dahulu, konon bawang merah dimakan segera sesudah kita makan sebagai tindakan pencegahan terhadap kolera, disentri, dan diare. Hal ini jangan dilakukan terlalu sering, nanti malah berubah menjadi bau badan yang berlebihan. Mengunyah daun-daun bawang merah setelah makan dapat menghilangkan bau nafas yang tidak sedap.

Selain itu, bagian sari salah satu jenis sayuran ini yaitu pada bagian daunnya juga cukup memberikan manfaat. Daun bawang bisa memperbanyak air liur. Hal ini dapat membantu pencernaan, menyembuhkan penyakit kuning, memperkuat hati dan menyembuhkan wasir. Di India, bawang merah dianggap sebagai obat disentri basiler menurut pengobatan tradisional India.

Jenis Sayuran – Bawang Merah dan Resep Tradisional

Khasiat dari jenis sayuran yang satu ini sudah dikenal sejak dahulu. Selain digunakan sebagai bumbu yang dapat menyedapkan masakan,bawang merah juga membawa manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh bawang merah:
  • Bawang merah digoreng dalam minyak kelapa dan digunakan sebagai obat gosok untuk mengurangi rasa sakit karena bengkak pada persendian tulang, rematik atau tulang yang tergeser. 
  • Bawang merah yang dipanggang bisa dipakai untuk mengurangi rasa sakit pada penderita wasir. 
  • Bila telapak kaki belah-belah, olesi dengan bawang merah yang dimemarkan, niscaya cepat sembuh. 
  • Beberapa iris bawang merah mentah direndam dalam cuka atau sari jeruk sitrun dan dimakan segera setelah makan, mencegah kerusakan gigi, sakit pencernaan dan keracunan makanan. Jika disertakan secara teratur dalam selada mentah konon berkhasiat menambah panjang umur. 
  • Satu sendok sari teh bawang merah dengan empat sendok teh madu dan dua butir telur rebus setengah matang dimakan sehari sekali selama 2 sampai 3 bulan konon dapat memperkuat sistem urat saraf dan mencegah datangnya uban yang terlalu dini. 
  • Untuk yang mengalami badan yang kurus belebihan, bawang merah dicampur gula jawa berkhasiat menambah berat tubuh. 
  • Makan bawang merah direbus dengan cuka atau sari jeruk sitrun, garam dan daun ketumbar yang segar setiap hari selama dua minggu bisa menyembuhkan wasir, pembesaran hati dan limpa, kejang usus, sakit empedu, gangguan pencernaan dan terlalu banyak gas dalam perut. 
  • Untuk mengobati batuk rejan dan bronkhitis, potonglah sebuah bawang merah menjadi potongan-potongan kecil, tambahkan gula dan sisihkan selama sepuluh jam. Kemudian, kumpulkan bagian yang berair dan minumlah satu sendok teh 2 kali sehari sampai sembuh. 
  • Satu sendok teh sari bawang merah segar dicampur dengan sari jeruk sitrun dalam takaran yang sama 5 kali sehari, konon bisa menyembuhkan pembesaran limpa dan sakit mata. 
  • Menghirup aroma bawang merah segar yang dimemarkan, meringankan gangguan pilek, radang selaput lender hidung, dan sakit kepala bagian depan. 
  • Untuk menyembuhkan gejala sakit ayan, Anda bisa meletakkan 3 sampai 5 tetes sari bawang merah yang dipanaskan, pada hidung Anda. 
  • Bila dioleskan pada kening, bisa mengurangi sakit kepala yang disebabkan influenza dan hidung tersumbat. 
  • Efektif untuk mengobati bekas gigitan kalajengking dan sengatan lebah bial dibubuhkan sebagai obat luar. 
  • Sari bawang merah yang dicampurkan dengan sedikit bubuk kunyit efektif untuk pengobatan sakit kudis, gatal-gatal pada tangan dan kaki karena kedinginan. 
Jenis Sayuran – Bawang Putih

Sahabat dari jenis sayuran yang pertama adalah bawang putih. Bawang putih mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Kandungan allicin dan aliin dalam jenis sayuran satu ini berkaitan dengan daya anti kolesterol. Daya ini mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain-lain

Minyak dalam bawang putih bisa dipakai untuk minyak pijat. Bila bermasalah dengan kulit akibat bisul, bau busuk karena bisul atau radang kulit bisa diatasi dengan mencucinya dengan cairan sari bawang putih. Manfaat jenis sayuran ini juga sama dengan bawang merah, tidak hanya berfungsi sebagai penambah rasa, tapi juga kesehatan.

Jika hendak pergi ke gunung, jangan lupa bawa satu siung bawang putih yang dihaluskan. Ini bisa dioleskan sebagai obat pada luka sengatan kalajengking, juga mencegah keracunan karena gigitan binatang peliharaan. Jangan malu membawa jenis sayuran yang satu ini ketika bepergian. Manfaatnya cukup banyak lho!

Jenis Sayuran – Bawang Putih dan Resep Tradisional

Setiap jenis sayuran pasti sudah dibekali dengan berbagai manfaat yang terkandung. Begitupun dengan bawang putih. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang putih untuk kesehatan maupun kecantikan.
  • Tiga siung bawang putih yang direbus dalam segelas susu, dimakan setiap malam untuk menyembuhkan asma. 
  • Bawang putih yang dimakan setiap hari dengan perut kosong bisa membantu menurunkan berat badan dan mengontrol kolesterol. 
  • Apabila dipanggang, dapat mengatasi keputihan pada wanita. 
  • Bawang putih dan lada hitam ditumbuk halus bersama lalu dioleskan pada leher untuk mengatasi gangguan suara serak. 
  • Bunga tanaman bawang putih konon dianggap sebagai penangkal setan. 
  • Membantu mengobati batuk rejan dan tuberkolosa. 
  • Sepuluh sampai tiga puluh tetes sari bawang putih ditambah sedikit madu berkhasiat mengusir cacing gelang dan cacing pipih pada anak-anak. 

Kedua jenis sayuran yang masih satu keluarga ini memiliki manfaat yang baik dan banyak untuk kehidupan manusia. Mulai sekarang, bagi Anda yang kurang begitu menyukai kedua bawang tersebut, mencoba untuk mulai menyukai rasanya bukan hal yang berlebihan. Hiraukan aroma dan rasanya, yang lebih penting adalah berbagai kandungan dan khasiat yang ada didalamnya. 


sumber:
http://syacom.blogspot.com/2012/04/khasiat-bawang-merah-dan-bawang-putih.html
Judul: Khasiat Bawang Merah dan Bawang Putih; Ditulis oleh khairul anas; Rating Blog: 5 dari 5

Ditulis oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Arak GoendoelSobat sedang membaca artikel tentang Khasiat Bawang Merah dan Bawang Putih. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya


0 comments:

Leave a Reply