Kami Mohon Brotha n Sista bersedia untuk mengklik iklan di bawah ini demi kelangsungan blog ini ...

Senin, 07 Mei 2012

Sitokin


Sitokin (Yunani cyto-: sel, dan -kinos: gerakan) adalah salah satu dari sejumlah zat yang disekresikan oleh sel-sel spesifik sistem imun yang membawa sinyal lokal antara sel, dan dengan demikian memiliki efek pada sel-sel lain. sitokin merupakan kategori isyarat molekul yang digunakan secara ekstensif dalam komunikasi selular. sitokin berupa protein, peptida, atau glikoprotein. Istilah sitokin meliputi keluarga besar dan beragam regulator polipeptida yang diproduksi secara luas di seluruh tubuh oleh beragam sel asal embriologis.

Pada dasarnya, istilah sitokin telah digunakan untuk merujuk kepada agen imunomodulasi (interleukin, interferon, dll). Konflik data yang ada tentang apa yang disebut sitokin dan apa yang disebut hormon. Anatomis dan perbedaan struktural antara sitokin dan hormon klasik memudar seperti yang kita belajar lebih banyak tentang masing-masing. hormon protein Classic beredar di nanomolar (10) konsentrasi yang biasanya bervariasi oleh kurang dari satu urutan besarnya. Sebaliknya, beberapa sitokin (seperti IL-6) beredar di picomolar (10) konsentrasi yang dapat meningkat hingga 1.000 kali lipat selama trauma atau infeksi. Distribusi luas sumber selular untuk sitokin mungkin fitur yang membedakan mereka dari hormon. Hampir semua sel berinti, tapi terutama endo/sel epitel dan makrofag (banyak dekat permukaan dengan lingkungan eksternal) adalah produsen IL-1, IL-6, dan TNF-α. Sebaliknya, hormon seperti insulin, yang disekresikan dari kelenjar diskrit (misalnya, pankreas). Pada tahun 2008, istilah saat ini mengacu pada sitokin sebagai imunomodulasi agen. Namun, penelitian lebih banyak diperlukan di daerah ini mendefinisikan sitokin dan hormon. 


sumber:
http://id.shvoong.com/medicine-and-health/imuunology/2140483-sitokin/
Judul: Sitokin; Ditulis oleh khairul anas; Rating Blog: 5 dari 5

Ditulis oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Arak GoendoelSobat sedang membaca artikel tentang Sitokin. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya


0 comments:

Leave a Reply