Kami Mohon Brotha n Sista bersedia untuk mengklik iklan di bawah ini demi kelangsungan blog ini ...

Sabtu, 25 Februari 2012

Rangkuman

search possibilities : rangkuman bahasa indonesia, materi bahasa indonesia rangkuman, materi rangkuman, materi ringkasan, ringkasan bahasa indonesia, materi ringkasan pelajaran bahasa indonesia, materi rangkuman bahasa indonesia, cara menulis rangkuman, cara menulis ringkasan, tata cara menulis rangkuman, tata cara menulis ringkasan, manfaat ringkasan, manfaat rangkuman, langkah- langkah menulis ringkasan, langkah- langkah menulis rangkuman.


1. Pengertian
Rangkuman sering pula disebut dengan ikhtisar, yakni penyajian singkat dari suatu karangan. Namun, rangkuman lebih identik dengan ringkasan untuk karangan yang lebih panjang, misalnya yang berbentuk buku. Ide- ide pokok yang tersebar dalam banyak bab atau beberapa buku, disatukan ke dalam satu bentuk karangan yang ringkas. Adapun ikhtisar merupakan ringkasan untuk karangan- karangan singkat, misalnya untuk satu atau dua bab.

2. Manfaat Rangkuman
Rangkuman besar sekali manfaatnya, yakni sebagai sarana untuk membantu kita dalam mengingat isi sebuah buku atau suatu uraian yang begitu panjang. Rangkuman memuat ide- ide pokok yang mewakili setiap bagian bacaan aslinya. Dengan membaca rangkuman, kita seakan- akan memahami keseluruhan buku secara utuh.

3. Langkah- Langkah
Langkah- langkah menyusun rangkuman adalah sebagai berikut.
a. Membaca naskah asli sekitar satu atau dua kali.
b. Mencatat gagasan utama
c. Mecerikan gagasan utama itu dengan menggunakan kata- kata sendiri.

sumber/source:
Juanda, Asep dan Kaka Rosdianto. 2007. Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia Edisi Revisi. Bandung: Pustaka Setia.
Judul: Rangkuman; Ditulis oleh khairul anas; Rating Blog: 5 dari 5

Ditulis oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Arak GoendoelSobat sedang membaca artikel tentang Rangkuman. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya


0 comments:

Leave a Reply