Minggu, 18 Maret 2012

Budaya Politik Parokial dan Partisipan


Pengertian Budaya Politik
Sikap orientasi warga negara terhadap sistem politik dan aneka ragam bagiannya, dan sikap terhadap peranan warga negara di dalam sistem itu  ( G. A. Almond  dan  S. Verba )

Sikap dan  orientasi warga  suatu negara terhadap kehidupan pemerintahan  negara  dan politiknya  ( Mochtar Masoed dan Colin MacAndrews )

Sutu konsep yang  terdiri dari sikap, keyakinan, nilai - nilai dan ketrampilan  yang sedang berlaku bagi seluruh  anggota masyarakat,  termasuk pola - pola  kecenderungan  khusus serta pola - pola kebiasaan  yang  terdapat  pada kelompok - kelompok  dalam masyarakat  ( Almond  dan Powell )

Tipe budaya Politik :
Tipe parokial
( PAROCHIAL  POLITICAL  CULTURE )
Tipe budaya politik yang orientasi politik individu dan masyarakatnya masih sangat rendah.  Hanya terbatas pada satu wilayah atau lingkup yang kecil atau sempit.
Individu tidak mengharapkan apapun dari sistem politik.











Tidak ada peranan politik yang bersifat khas dan berdiri sendiri.
Biasanya terdapat pada masyarakat tradisional

Tipe Partisipan
(PARTICIPANT  POLITICAL  CULTURE )
Merupakan tipe budaya yang ideal.
Individu dan masyarakatnya telah mempunyai perhatian, kesadaran dan minat yang tinggi terhadap politik pemerintah.

Individu dan masyarakatnya mampu memainkan peran politik baik dalam proses input (berupa pemberian dukungan atau tuntutan terhadap sistem politik) maupun dalam proses output (melaksanakan, menilai dan mengkritik terhadap kebijakan dan keputusan politik pemerintah).

source:
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/09/tentang-budaya-politik-parokial-dan.html

Ditulis Oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Arak GoendoelSobat sedang membaca artikel tentang Budaya Politik Parokial dan Partisipan. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

0 comments:

Leave a Reply