Monday, March 26, 2012

Pengertian Vasektomi, Tubektomi & Penggunaan Kontrasepsi menurut Usia

Vasektomi: menutup saluran sperma yang menyalurkan sperma dari pusat produksinya di testis
Tubektomi: menutup saluran tuba palopii, sehingga tidak perlu memakai alat kontrasepsi serta dapat menghambat penyakit kebidanan/kandungan

Penggunaan Kontrasepsi menurut Usia :
1. Umur ibu kurang dari 20 tahun:
Penggunaan prioritas kontrasepsi pil oral. Penggunaan kondom kurang menguntungkan, karena pasangan muda frekuensi bersenggama tinggi sehingga akan mempunyai kegagalan tinggi. Bagi yang belum mempunyai anak, AKDR kurang dianjurkan. Umur di bawah 20 tahun sebaiknya tidak mempunyai anak dulu.

2. Umur ibu antara 20-30 tahun
Merupakan usia yang terbaik untuk mengandung dan melahirkan. Segera setelah anak pertama lahir, dianjurkan untuk memakai spiral sebagai pilihan utama. Pilihan kedua adalah norplant atau pil.

3. Umur ibu di atas 30 tahun
Pilihan utama menggunakan kontrasepsi spiral atau norplant. Kondom bisa merupakan pilihan kedua. Dalam kondisi darurat, metode mantap dengan cara operasi (sterlilisasi) dapat dipakai dan relatif lebih baik dibandingkan dengan spiral, kondom, maupun pil dalam arti mencegah.



sumber:
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/12/pengertian-vasektomi-tubektomi.html

Ditulis oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Anas InsideSobat sedang membaca artikel tentang Pengertian Vasektomi, Tubektomi & Penggunaan Kontrasepsi menurut Usia. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

0 comments:

Leave a Reply