Kami Mohon Brotha n Sista bersedia untuk mengklik iklan di bawah ini demi kelangsungan blog ini ...

Selasa, 22 Mei 2012

5 Helikopter Terbesar

[UNIKNYA.COM]: Pusaran angin yang diciptakan, luar biasa besarnya. Ditambah lagi suara rotor yang bergemuruh memekakan telinga. Itulah sedikit gambaran helikopter-helikopter terbesar, yang hendak lepas landas mengangkasa. Dibuat sebagian besar untuk melakukan aktifitas angkut berat ke zona-zona yang tak mungkin dicapai oleh kendaraan darat. Berikut ulasannya:

1. CH-47 Chinook
Boeing CH-47 Chinook adalah helikopter angkat berat Amerika bermesin ganda.  Kecepatan maksimalnya 170 knot (196 mph, 315 km/jam) lebih cepat daripada helikopter pada umumnya. Keberadaannya segenerasi dengan C-130 Hercules dan UH-1 Iroquois, yang sampai saat ini masih diproduksi dengan lebih dari 1.179 unit telah dibuatPeran utamanya meliputi gerakan pasukan, artileri dan menopang pasokan logistik ke medan perang. Chinook awalnya dirancang dan diproduksi oleh Boeing Vertol di awal tahun 1960. Helikopter ini sekarang diproduksi oleh Boeing Rotorcraft Systems. Chinooks telah dijual ke 16 negara, dimana US Army dan Royal Air Force  menjadi pengguna terbesar.


CH-47 Chinook (Sumber militarypictures.info, uniknya.com)

2. Fairey Rotodyne
Fairey Rotodyne adalah helikopter tahun 1950-an milik Inggris yang dirancang dan dibangun oleh Fairey Aviation dan ditujukan untuk aplikasi komersial dan militer. Selain rotor utamanya yang berfungsi untuk keperluan lepas landas, helikopter ini juga dilengkapi dua mesin jet turboprop pada rentang sayapnya.  Meski menjanjikan dalam konsep dan sukses dalam uji coba, program ini akhirnya dibatalkan karena kebijakan politik dan kurangnnya order komersial yang dikarenakan suara kebisingan yang ditimbulkan dari rotor utama.

Fairey Rotodyne (Sumber: aviastar.org,uniknya.com)

3. XH-17
XH-17 atau “Bangau Terbang” adalah proyek helikopter pertama untuk divisi helikopter Hughes Aircraft. XH-17 memiliki rotor utama yang dilengkapi dua baling-baling dengan diameter 134 kaki (41 m), mampu terbang dengan berat kotor lebih dari 50.000 pound (23.000 kg). XH-17 adalah helikopter angkat berat yang dirancang untuk mengangkat beban lebih dari 15 metrik ton. Untuk mempercepat pembangunan, beberapa bagian dari XH-17 diambil dari beberapa komponen pesawat lain. Roda depannya dari B-25 Mitchell dan roda belakang dari Skymaster C-54. Tangki bahan bakarnya diambil dari pesawat pembom Superfortress B-29. Sedangkan kokpit dari Waco CG-15 dan rotor ekor dari Sikorsky H-19. Pada tahun 1948 XH-17 mulai terbentuk. Helikopter raksasa diuji di Culver City, California dan hingga kini masih memegang rekor dengan rotor terbesar di dunia. Hanya satu unit dibangun, karena pesawat itu terlalu rumit dan tidak efisien untuk menjamin pengembangan lebih lanjut. Dua mesin General Electric J35 turbojet digunakan, dengan daya jangkau hanya 40 mil (64 km).

XH-17 (Sumber: wikimedia.org, uniknya.com)

4. Mil Mi-6
Mil Mi-6 adalah helikopter buatan Rusia yang diproduksi oleh biro Mil yang dipimpin oleh Mikhail L. Mil. Keluar pertama kali pada September 1957 dan merupakan salah satu helikopter yang terbesar di dunia, disandangnya sampai muncul penggantinya pada awal 1980-an, Mil Mi-26 Halo. Helikopter Mil Mi-6 adalah helikopter yang dirancang berdasarkan persyaratan teknis bersama antara biro militer dan sipil. Mesinnya sendiri cukup menakjubkan, sebagai gambaran berat rotor (baling-baling) utama dan gearbox Soloviev R-7 mencapai 3200 kilogram yang berarti lebih berat dari berat kedua mesin turboshaft Soloviev D-25V. Sejak produksi yang ke-30 pada 1960, Mi-6 dipasangi variable-incidence wing. Sayap yang terletak dekat rotor utama itu, selain sebagai stabilisator juga berguna untuk menambah daya angkat pesawat.

Mil Mi-6 (Sumber: scale-rotors.com,uniknya.com)

Saat terbang kecepatan jelajah, sayap itu menanggung 20 persen beban helikopter. Dengan begitu, Mi-6 dapat melakukan rolling take-off (lepas landas dengan meluncur seperti halnya pesawat biasa) dengan berat yang lebih besar dibandingkan dengan vertical take-off (lepas landas secara vertikal yang dilakukan helikopter pada umumnya). Berbagai rekor dunia dicapai oleh helikopter ini yakni rekor dunia helikpter untuk kecepatan daya angkat, dengan rekor kecepatan 300 km/jam (180 mph) dipecahkan dan atas prestasi itu, Mi-6 memperoleh penghargaan Igor Sikorsky International Trophy pada tahun 1961. Tiga tahun kemudian , dalam sirkuit tertutup 100 km, Mi-6, kembali memecahkan rekor kecepatan 340 km/jam (211 mph), satu rekor yang bertahan hingga tahun 1989. Helikopter ini memiliki daya angkut internal normal 12 ton, atau 9 ton eksternal. Dengan daya angkutnya yang besar sangat disukai oleh pihak militer.

5. Mil V-12
Mil V-12 adalah helikopter terbesar yang pernah dibangun Mil Design Bureau, Soviet. Dilengkapi dua rotor yang ditempatkan pada sayap kanan dan kiri heli, nama “Mi-12″ nantinya akan menjadi nama produksi helikopter ini. Karena V-12 tidak pernah benar-benar masuk ke produksi dan hanya dua prototipe saja yang dibangun, maka nama “Mi-12″ tidak pernah secara resmi digunakan. Dimulai pada prototipe V-12 pada tahun 1965 dengan tujuan mengangkat beban tidak kurang dari 30.000 kg.


Mil V-12 (Sumber: diseno-art.com, uniknya.com)

Judul: 5 Helikopter Terbesar; Ditulis oleh khairul anas; Rating Blog: 5 dari 5

Ditulis oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Arak GoendoelSobat sedang membaca artikel tentang 5 Helikopter Terbesar. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya


0 comments:

Leave a Reply