Sunday, May 13, 2012

Khasiat Manfaat Buah Mengkudu

Khasiathttp://www.blogger.com/img/blank.gif Manfaat Buah MengkuduBuah Mengkudu yang dalam bahasa Sunda sering disebut Cangkudu atau buah pace (Jawa) ini ternyata mengandung banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Meskipun rasanya yang kurang enak namun saat ini buah mengkudu banyak dicari untuk dijadikan obat. Hal ini karena khasiat buah mengkudu bagi kesehatan yang sudah tak diragukan lagi. Sebelum kita mengupas lebih jauh khasiat buah mengkudu untuk kesehatan, kita tengok dulu yuk asal-usul buah mengkudu.

Asal-Usul

Buah Mengkudu merupakan buah asli dari daerah Asia Tenggara. Tanaman mengkudu terasuk dalam kelompok Rubiaceae dan dapat tumbuh setinggi 3 sampai 8 meter. Buah mengkudu dikenal dengan nama-nama yang berbeda di setiap Negara, antara lain Noni (bahasa Hawaii), Nono (bahasa Tahiti), Nonu (bahasa Tonga), ungcoikan (bahasa Myanmar) dan Ach (bahasa Hindi). Buah mengkudu mampu tumbuh subur pada ketinggian sampai 1500 meter dpl. Buah mengkudu merupakan buah istimewa yang mampu berbunga dan berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Penelitian Buah Mengkudu

Penelitian mengenai khasiat buah mengkudu telah dilakukan kurang lebuh 50 tahun yang lalu. Seorang peneliti buah mengkudu selama 45 tahun yaitu Dr. Ralph M. Heninicke seorang ahli biokimia dari University of Hawaii menemukan senyawa alkaloid proxeronine pada daging buah mengkudu yand ditemukanya secara tidak sengaja pada saat melakukan penelitian mengeai kandungan enzim bromeline pad abuah nanas. Yang lebih mengejutkan dari penelitian tersebut adalah bahwa kandunga proxeronine pada buah mengkudu 800 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan kandungan proxeronine pada buah nanas.

Manfaat “Proxeronine” Pada Buah Mengkudu

Proxeronine merupakan senyawa alkaloid yang sangat bermanfaat dalam kaitanya dengan kesehatan tubuh. Proxeronine adalah salah satu bahan penting untuk memacu pertumbuhan organ dalam pada tubuh manusia.

Interaksi antara dua senyawa proxeronine dan proxeronase mampu membantu membesarkan saluran usus kecil serta mempercepat penyerapan nutrisi pada saluran pencernaan. Proxeronine juga bermanfaat untuk mengembalikan kesegaran tubuh yang akan membuat seseorang terlihat awet muda.

Buah mengkudu juga kaya akan kandungan antioksidan yang tentu saja merupakan senyawa yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Daun serta kulit buah mengkudu juga bermanfaat untuk mengobati penyakit malaria.

Itulah penjelasan tentang buah mengkudu yang mengandung banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan. So, berani makan buah mengkudu?
 
sumber:http://situsinformasiterbaru.blogspot.com/2012/05/khasiat-manfaat-buah-mengkudu.html

Ditulis oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Anas InsideSobat sedang membaca artikel tentang Khasiat Manfaat Buah Mengkudu. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

0 comments:

Leave a Reply