Kami Mohon Brotha n Sista bersedia untuk mengklik iklan di bawah ini demi kelangsungan blog ini ...

Sabtu, 14 Juli 2012

Membangun Personal Attitude (Personal Branding) Salah Satu Kunci Kesuksesan


Membangun Personal Branding, Salah Satu Kunci Kesuksesan

Salahsatu penunjang kesuksesan Anda dalam berbisnis adalah personal branding. Personal Branding adalah satu hal yang sangat penting, dan syarat utama dalam menunjang kesuksesan seseorang. Apakah anda seorang pengusaha, eksekutif, karyawan, pelajar, mahasiswa, atau pejabat; perlu Personal Branding yang bagus dari diri anda.
Tidak semua orang memiliki Personal Branding yang bagus. Tapi kebanyakan orang sukses pasti memiliki Personal Branding yang bagus. Personal Branding yang terpancar dari diri anda, bisa menjadi positif atau negatif tergantung bagaimana anda ingin menampilkannya.
Personal Branding layaknya “aura” dari dalam diri anda. Orang akan melihat aura itu, dan mempersepsikan tentang diri anda dalam benak mereka. Tentunya anda ingin citra positif yang ada dibenak orang, ketika mereka mempersepsikan anda. Bangunlah citra positif itu!
Dalam membangun Personal Branding yang bagus, anda perlu membangun “karakter”diri anda. Dan usahakan orang lain tahu apa karakter anda itu. “Karakter” tersebut biasanya erat dengan aktifitas apa yang anda lakukan sehari-hari, profesi anda, bahkan termasuk apa yang anda pakai!
Berhati-berhatilah dalam mengeluarkan “karakter” anda, karena “karakter” sangat menentukan apakah anda dipersepsikan sebagai person yang positif atau negatif. Jadilah pribadi yang menonjol. Orang-orang yang memiliki Personal Branding bagus biasanya lebih menonjol dibandingkan mereka yang tidak memiliki.
Jika ingin punya Personal Branding bagus, harus eksis! Tampilkan diri anda dalam setiap kesempatan, tapi eksis dalam artian positif ya! Usahakan tak ada hal negatif dalam segala perkataan & tindakan anda; karena akan merusak “karakter” anda dalam membangun Personal Branding.
Orang yang punya Personal Branding bagus biasanya punya banyak teman dan sahabat, karena itu jalinlah selalu silaturahmi dengan siapa saja. Orang yang punya Personal Branding bagus, biasanya juga cenderung “dicari” orang; baik head-hunter, klien, maupun yang sekedar sharing ilmu.
Orang yang punya Personal Branding bagus, biasanya jika mengelola/punya perusahaan, maka Company Branding-nya akan ikut menjadi bagus. Orang dengan Personal Branding bagus juga harus suka “berbagi”, walau sekedar berbagi ilmu. Jangan pelit, bagikanlah hal-hal yang berguna untuk sesama!
Parameter Personal Branding anda berhasil, adalah bagaimana diluar sana orang menceritakan tentang diri anda. Apakah hal-hal yang bagus atau tidak. Dengan Personal Branding yang bagus, maka anda akan gampang mempengaruhi orang – karena orang percaya dengan anda. Ini bagus buat yang punya bisnis!
Membangun Personal Branding yang bagus butuh waktu, jika anda sudah mendapatkannya maka jagalah! Jangan hancurkan reputasi anda!
Langkah – langkah dalam personal branding antara lain sebagai berikut :
  1. Jaga ATTITUDE atau sikap & perilaku. Tunjukkan “attitude” yang baik kepada siapa saja, tanpa memandang suku, agama, ras, antargolongan.
  2. Perhatikan APA YANG ANDA PAKAI termasuk cara berpakaian dan yang melekat di tubuh anda, bau badan, makeup, dll. Usahakan secara wajar. Berpakaianlah rapi & sesuaikan dengan suasana, jagalah bau badan anda, perhatikan gaya rambut, make up jangan berlebihan (bagi wanita).
  3. Perhatikan KATA-KATA YANG KELUAR DARI MULUT ANDA berbicaralah dengan sopan dan santun kepada siapa saja.
  4. Selalulah UPDATE CV ANDA, walau anda tak berencana melamar kerja. Update secara berkala, terutama kompetensi & pengalaman yang anda miliki. Usahakan CV anda singkat, tak perlu berlembar-lembar. Tapi secara singkat orang bisa tahu siapa anda & apa kompetensi anda dengan melihat CV anda.
  5. Untuk yang berprofesi sebagai Karyawan, jangan ragu untuk mengerjakan pekerjaan apapun walau bukan jobdesk anda. Dengan memiliki banyak kompetensi akan baik untuk karir anda. Seorang leader, apakah itu Supervisor, Manager, atau Direktur diangkat karena ia memiliki kompetensi lebih daripada karyawan yang lainnya.
  6. Untuk yang berprofesi sebagai Enterpreneur, jangan lupa berikan layanan terbaik kepada customer/partner anda. Buatlah mereka percaya dan tidak ragu berbisnis dgn anda.
  7. Jangan biarkan mood mengendalikan hidup anda. Orang-orang cenderung tidak suka berinteraksi dengan mereka yang suka mood-moodan.
  8. Kendalikan emosi anda, jangan sering mengumbar emosi negatif di depan orang-orang. Sebarkanlah emosi positif seperti, Tersenyum, Memuliakan orang, Memaafkan, dsb.
  9. Rajinlah menyebar kartu nama, paling tidak kartu nama anda bisa “menyebutkan” siapa anda dan apa kompetensi anda. Jangan suka berganti nomor ponsel, itu akan membuat kolega, atau mungkin klien, susah menghubungi anda untuk sebuah peluang karir atau bisnis.
  10. Narsis itu penting, tapi jangan sampai berlebihan. Usahakan “tampilkan” hal-hal baik dari diri anda tanpa membuat orang muak melihat anda.
  11. Jika punya akun social media, bagikanlah sesuatu yang membuat friend atau follower anda “merasa penting” untuk melihat postingan-postingan anda, daripada sekedar melihat keluh kesah dan kegalauan-kegalauan anda.
  12. Bagi yang sudah berkeluarga, jaga keharmonisan rumah tangga anda.Tak ada guna punya Personal Branding bagus tapi rumah tangga anda berantakan!
  13. Keseimbangan Jasmani-Rohani sangat penting dalam Personal Branding; jalankan kehidupan dunia-akhirat anda sesuai agama/kepercayaan masing-masing.
Personal Branding
Personal Branding, istilah ini yang banyak mencuat di percakapan online beberapa bulan terakhir ini, banyak orang-orang mengulas dan memberikan tips sukses membangun personal branding. menurut saya ada 3 tahap awal yang harus kamu lakukan untuk dapat membangun personal Branding.
3 tahap itu adalah sbb:
1. UPGRATE KEMAMPUAN INTERNAL DIRI KAMU
“Your Culture is Your Brand” – Tony Hsieh CEO. ZAPPOS.COM
Quote diatas jelas mengatakan bahwa apa yang kamu lakukan, kebiasaan yang kamu lakukan adalah Gambaran dirimu (Personal Brand). Dan disini menurut saya untuk membangun Culture yang positif dasar nya menurut saya ada 3 hal (Knowledge, Attitude, Skill).
*Knowledge -
Untuk mengikuti perkembangan pasar yang sangat dinamis kita harus terus belajar, dengan belajar maka pengetahuan kita akan terus bertambah. Pengetahuan sangat penting dalam membangun personal branding. dengan kita semakin tahu maka orang akan segan dengan anda dan menganggap anda adalah orang yang sangat berpengalaman di bidang anda.
* Attitude -
Seseorang akan dihargai apabila dia memiliki Attitude yang bagus, membangun personal branding berarti kamu memiliki adat kesopanan. dengan attitude orang lain akan tahu bagaimana anda, dan manusia seperti apa anda.
* Skill
- Skill disini menggambarkan bagaimana anda bekerja atau melakukan hal-hal yang sesuai dengan keahlian yang anda miliki. banyak orang yang rajin belajar dan memiliki attitude yang bagus tetapi mereka lemah dalam mengeksekusi pekerjaan. nah dengan terus anda mencoba ini akan mengasah anda menjadi manusia yang memiliki skill.
2. SHARE KEMAMPUAN ANDA KEPADA KHALAYAK
Mengupgrade kemampuan diri tetapi tidak kita tunjukkan kepada orang lain, berarti kita tidak mencoba membranding diri kita dan orang tidak tahu akan kemampuan diri kita. maraknya digital life dan social media sebenarnya membantu kita untuk share kemampuan kita kepada khalayak, bahasa saya sih “mengaktualisasi diri” kepada masyarakat umum. ada beberapa tips bagaimana anda menggunakan fasilitas online untuk mengaktualisasi diri anda.
*Buat sebuah blog atau website personal di Online
- Dengan membuat Blog jelas publik dapat mengetahui anda, mengklarifikasi anda di online dan tahu bagaimana anda berfikir. memiliki blog berarti memiliki store resmi tentang ide-ide anda.
*Bersocial media melalui twitter, FB, linkedin dll – Bersocial media adalah syarat mutlak untuk membranding personal anda, karena social media adalah tempat berkumpulnya publik dan Gratis. bayangkan apabila tidak ada social media, bagaimana anda membangun personal branding anda? spend budget memasang foto anda di majalah atau TVC anda di primetime Televisi???. kembali bagaimana cara anda bersosial media, KAS yang anda miliki harus anda sampaikan dan anda harus menunjukkan diri anda sesungguhnya (tentunya hal yang baik). nah sampaikan ide-ide anda yang sudah dirangkum dalam blog.
*Ikut aktif mengshare artikel-artikel anda di forum-forum yang berhubungan dengan anda.
- Selain social media dan blog, jangan lupakan juga forum-forum yang ada di dunia online, dengan artikel tulisan ide-ide anda yang dimuat akan meningkatkan value personal brand anda.  Anda semakin dipercaya oleh publik bahwa anda memiliki kemampuan.
3. EVALUASI APA YANG SUDAH ANDA LAKUKAN
Di point terakhir ini anda dapat mengevaluasi apa yang sudah anda lakukan dan hasil apa yang anda peroleh. apabila hasilnya kurang memuaskan anda dapat mengulang 2 hal diatas. dan mengkoreksi apa yang salah sehingga anda dapat mencapai posisi terbaik personal brand anda dimata para publik. Nah itu sedikit personal branding menurut saya, mohon dikoreksi apabila ada kekurangan. saya hanya mencoba berbagi.

source/sumber:
http://qipangi.com/berita-267-membangun-personal-attitude-personal-branding-salah-satu-kunci-kesuksesan.html
Judul: Membangun Personal Attitude (Personal Branding) Salah Satu Kunci Kesuksesan; Ditulis oleh khairul anas; Rating Blog: 5 dari 5

Ditulis oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Arak GoendoelSobat sedang membaca artikel tentang Membangun Personal Attitude (Personal Branding) Salah Satu Kunci Kesuksesan. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya


0 comments:

Leave a Reply