Sunday, April 7, 2013

5 Stadion Termegah Di Dunia

5. Stadion Maracana – Brazil


Brazil adalah salah satu negara raksasa sepakbola dunia. Tidak heran jika mereka punya stadion yang menjadi salah satu stadion termegah di dunia. Stadion maracana dibangun khusus ketika Brazil menjadi tuan rumah piala dunia tahun 1950. Awalnya, stadion ini hanya berkapasitas 125 ribu penonton. Namun kemudian stadion ini direnovasi dengan biaya 40 juta dollar Amerika untuk menambah kapasitas penontonnya. Stadion yang terletak di kota Sao Paulo ini menempati peringkat kelima stadion termegah di dunia.

4. Stadion San Siro – Italia


Di peringkat keempat ada stadion San Siro atau juga dikenal dengan nama “Giuseppe Meazza” yang menjadi salah satu stadion terbesar di Italia. Markas klub Ac Milan dan Inter Milan ini memiliki kapasitas 80 ribu tempat duduk. Stadion San Siro dibangun pada tahun 1926 dan renovasi terakhir dilakukan pada tahun 1987 sebagai bagian dari persiapan piala dunia 1990. Stadion ini pun menjadi saksi final piala dunia 1990 ketika Jerman tampil sebagai juara piala dunia dengan mengalahkan Argentina. Seperti semua stadion di Italia, Walaupun menjadi markas klub Ac Milan dan Inter Milan, Stadion San Siro adalah milik dari pemerintah setempat.

3. Stadion Olimpico


Satu lagi stadion di Italia yang masuk dalam daftar stadion termegah di dunia adalah markas klub As Roma dan juga Lazio, stadion Olimpico. Berkapasitas lebih dari 70 ribu penonton, stadion ini dibangun sejak tahun 1928. Stadion Olimpico pernah menjadi tuan rumah untuk Olimpiade pada tahun 1960. Ketika itu Italia menjadi tuan rumah piala dunia 1990, pemerintah Italia mengeluarkan dana miliaran dollar Amerika untuk merenovasi stadion yang menjadi salah satu stadion utama piala dunia.

2. Stadion Azadi


Posisi kedua stadion termegah di dunia, ditempati oleh stadion Azadi yang terletak di kota Teheran, Iran. Stadion ini dibangun sebagai bagian dari persiapan Iran yang menjadi tuan rumah Asian Games tahun 1974. Stadion Azadi merupakan Stadion terbesar di Asia Barat. Goal.com menyatakan stadion Azadi dengan kapasitas 100 ribu penonton menjadi stadion paling angker di Asia bagi tim lawan ketika menghadapi tuan rumah di stadion ini.

1. Stadion Yokohama


Ternyata stadion termegah di dunia juga terletak di Asia. Tepatnya di kota Yokohama, Jepang. Stadion ini selesai dibangun pada tahun 1998 sebagai bagian dari sejarah ketika untuk pertama kalinya piala dunia digelar di Asia pada tahun 2000. Saat itu Jepang menjadi tuan rumah piala dunia bersama Korea Selatan. Dari kapasitas penonton, Stadion ini memang hanya mampu menampung 70 ribu penonton. Tapi berbagai fasilitas seperti atap yang bisa dibuka tutup dan lampu yang berjumlah 824 watt menjadikan stadion Yokohama sebagai stadion termegah di dunia.

sumber/source :

Ditulis oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Anas InsideSobat sedang membaca artikel tentang 5 Stadion Termegah Di Dunia. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

0 comments:

Leave a Reply