Saturday, June 19, 2010

PIDATO MENYAMBUT HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Saudara-Saudara, khususnya pemuda dan pelajar yang kami cintai!
Assalamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh!

Pada hari ini, tanggal 2 Mei 20..., kita bersama memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Sebagaimana kita ketahui, masalah pendidikan sangatlah penting artinya bagi kita, karena dengan pendidikanlah kita akan menghasilkan manusia-manusia pembangunan yang cerdas dan terampil, yang kelak menjadi generasi penerus cita-cita bangsa.

Saudara-Saudara yang kami hormati, khususnya para pendidik!

Dalam kesempatan ini ingin kami sampaikan pesan dan amanat dari almarhum seorang pendidik yaitu Bapak Ki Hajar Dewantara.

Bahwa seorang pendidik hendaknya:
  • Ing Ngarsa Sing Tulodo; di sini berarti bahwa seorang pendidik harus mampu menjadikan dirinya sebagai panutan anak didiknya melalui sikap dan perbuatannya.
  • Ing Madyo Mangunkarsa; di sini bahwa seorang pendidik harus mampu membangkitkan semangat berkreativitas terhadap anak didik yang dibimbingnya.
  • Tut Wuri Handayani; artinya seorang pendidik harus dapat menanamkan rasa tanggung jawab dan mampu mendorong anak didiknya agar berani menjadi seorang pemimpin.
Dengan menerapkan 3 pedoman di atas diharapkan seorang pendidik dapat memberi teladan, mendorong, serta mengamati dan mengawasi tindakan anak didiknya.

Dan selanjutnya, para pelajar hendaknya tekunlah belajar, menambah ilmu pengetahuan agar kelak menjadi manusia pembangunan penerus cita-cita bangsa.

Maka dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional kali ini, marilah kita bersama-sama mengheningkan cipta mengenang jasa-jasa almarhum Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara di dalam membina dunia pendidikan. Semoga almarhum diterima di sisi Tuhan sesuai dengan amal baktinya.

Sekian dan terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh.

Ditulis oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Anas InsideSobat sedang membaca artikel tentang PIDATO MENYAMBUT HARI PENDIDIKAN NASIONAL. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

0 comments:

Leave a Reply