Kami Mohon Brotha n Sista bersedia untuk mengklik iklan di bawah ini demi kelangsungan blog ini ...

Jumat, 17 Februari 2012

Jabat Tangan Pertama Robot dan Astronot

NASA Robot humanoid Robonaut 2 berjabat tangan dengan astronot NASA Daniel Burbank pada Rabu (15/2/2012). 
WASHINGTON, KOMPAS.com - Hubungan manusia dengan robot kembali mencetak rekor. Untuk pertama kalinya, manusia bisa berjabat tangan dengan robot di luar angkasa, Rabu (15/2/2012).

Jabat tangan bersejarah itu dilakukan oleh robot humanoid NASA, Robonaut 2 dengan astronot Ameriksa Serikat di International Space Station (ISS), Daniel Durbank.


"Untuk sebuah rekor, ini adalah jabat tangan yang erat. Kerja sangat bagus dalam
programming dan engineering. Robot yang sangat impresif," kata Durbank seperti dikutip Space.com, Rabu.

Setelah jabat tangan itu, Robonaut 2 melambaikan lengan
dexterous untuk mengungkapkan "Halo Dunia!". Pesan lewat lambaian tangan ini juga pertama kali setelah sebelumnya dilakukan lewat akun Twitter.

Robonaut 2 atau R2 adalah robot yang dikembangkan NASA bersama General Motors dengan biaya 2,5 juta dollar AS. Robot ini dirancang untuk mebantu kerja astronot di ISS.


"Hari ini adalah kemajuan besar dalam pengembangan R2. Kru dan robot bekerjasama dengan baik dan melihat semua kesempatan yang berkembang dengan kolaborasi ini," tutur Ron Driftler, manajer program R2.


Robonaut dikirim ke antariksa tanggal 11 Februari 2011 bersama dengan misi terakhir pesawat ulang alik Discovery. Robot dilengkapi lengan dan kamera, tinggi 1,01 meter dan berat 150 kg.


Robonaut 2 telah menjadi ikon di Twitter. Dioperasikan oleh staf NASA, Twitter R2 memiliki 52.786 follower dan terus bertambah setiap hari.


Dalam jangka waktu dekat, Robonaut akan menjalani tes kamera. Setelahnya, tes akan berlanjut ke
flip switch dan beberapa tes lain.


sumber:

source:
Judul: Jabat Tangan Pertama Robot dan Astronot; Ditulis oleh khairul anas; Rating Blog: 5 dari 5

Ditulis oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Arak GoendoelSobat sedang membaca artikel tentang Jabat Tangan Pertama Robot dan Astronot. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya


0 comments:

Leave a Reply