Kamis, 28 Juni 2012

5 Manfaat Bekicot untuk Kesehatan

Pasti kamu sudah tahu, atau bahkan mengenal dekat dengan hewan yang doyan mengkonsumsi daun muda ini bukan? Bekicot dapat kita temui di sekitar kita, biasanya berada di tumpukan batu bata atau genteng, ataupun berada di daerah lembab lainnya.

Hewan yang tergolong binatang lunak atau biasa disebut Mollusca ini berasal dari Afrika Timur,kemudian menyebar ke keseluruh belahan dunia dalam waktu yang relatif singkat,ini dikarena bekicot dapat berkembang biak dengan cepat.Selain sebagai hewan bertulang lunak,bekicot juga merupakan hewan hermaprodit atau hewan berkelamin ganda.Berarti hewan ini memiliki dua macam sel gamet pada tubuhnya.Tetapi pada bekicot,kedua macam sel gamet tersebut  tidak  masak dalam waktu yang bersamaan,sehingga untuk reproduksinya masih diperlukan dua hewan  agar terjadi fertilisasi.

Bagian tubuh bekicot terbagi atas 4 bagian utama yaitu kepala,leher,kaki,serta alat-alat dalam.Kepala bekicot memiliki sepasang tentakel yang berukuran pendek, tentakel tersebut berfungsi sebagai indera pembau dan sepasang tentakel panjang yang berfungsi sebagai indera penglihatan.

Salah satu cirri khas bekicot dapat dilihat pada lendir yang berada di bagian bawah kepalanya, informasi yang bersumber dari beberapa artikel hasil googling, lendir pada bekicot tersebut berasal dari kelenjar muksosa.Fungsi lendir pada bekicot tersebut untuk membasahi perutnya yang berfungsi sebagai kaki,perut bekicot tersebut tersusun dari otot-otot yang kuat dan bergelombang.Bisa kita lihat, bekicot akan meninggalkan jejak berupa lendir ketika sedang berjalan.

Manfaat bekicot yaitu :

1.Bekicot merupakan sumber protein hewani yang bermutu tinggi karena mengandung  asam-asam amino esensial yang  lengkap.

2.Sejenis obat yang dikenal berasal dari kulit bekicot dinamakan Maulie, yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti kekejangan,jantung suka berdebar,tidak bisa tidur atau insomania,leher membengkak dan penyakit kaum wanita termasuk keputihan.

3.Lendir pada bagian dalam cangkangnya dapat digunakan sebagai obat luar untuk luka sayat dan luka robek,juga untuk mempercepat pematangan bisul.

4.Dagingnya baik untuk pengobatan penyakit liver dan Hepatitis B.Biasa di temui di angkringan,daging bekicot dibuat sate atau kripik bekicot.

Manfaat lain dari hewan bekicot ini dapat dibuat tepung bekicot atau pakan ternak.Tapi, tidak sedikit orang yang merasa jijik dengan hewan yang dikenal berjalan lamban ini,mungkin termasuk kamu yang baca postingan ini

sumber/source:

Ditulis Oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Arak GoendoelSobat sedang membaca artikel tentang 5 Manfaat Bekicot untuk Kesehatan. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

0 comments:

Leave a Reply