Thursday, June 3, 2010

PIALA DUNIA X (Jerman 1974)

Jerman menjadi Juara Piala Dunia 1974

Inilah saat ttimnas Belanda memperkenalkan gaya permainan total voetbal kepada dunia. Timnas oranye juga diperkuat pemain dengan talenta luar biasa Johan Cruyff. Seperti telah diprediksi banyak pihak, tuan rumah, Jerman, bertemu dengan Belanda di babak final. Der Panzer Jerman dipimpin Sang Kaisar Franz Beckenbauer. Jerman sukses menjadi juara selepas menundukkan Belanda 2-1.

Jerman menjadi negara pertama yang memboyong trofi Piala Dunia FIFA. Trofi ini dibuat pada tahun 1971 untuk menggantikan trofi Jules Rimet yang menjadi milik abadi Brazil. Trofi Piala Dunia FIFA ini didesain seniman patung asal Italia, Silvio Gazzaniga, terbuat dari emas 18 karat dengan tinggi 36 cm dan berat 5 kg.

Jerman boleh juara, tapi aksi para pemain Belanda membuat hati para fans kepincut. Tim Oranye tampil memukau permainan agresifnya. Piala Dunia 1974 juga dikenal sebagai masa sepakbola rock and roll. Umumnya para pemain berambut panjang dan memelihara janggut. Mereka kelihatan punya jiwa memberontak.

Ditulis oleh : khairul anas ~ All- Round About Knowledge
Anas InsideSobat sedang membaca artikel tentang PIALA DUNIA X (Jerman 1974). Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

0 comments:

Leave a Reply